Capung dapat menghentikan kebiasaan ngompol ?

Saat anak saya bermain-main dengan capung yang baru ditangkapnya, saya menjadi teringat waktu kecil saya sendiri. Saat saya kecil dulu pernah disuruh orang tua untuk menempelkan capung tersebut ke bagian pusar saya, katanya biar tidak ngompol. Ini memang semacam suatu kepercayaan orang Jawa.

Berdasarkan bentuk tubuh dan warnanya, capung dibagi dua kelompok. Yaitu Anisoptera dan Zygoptera. Dalam bahasa Indonesia, Anisoptera dikenal sebagai sibar-sibar, kinjeng (jawa), papatong (sunda). Zygoptera dikenal dengan capung jarum.
anisopteraPerbedaan yang tampak adalah Anisoptera bertubuh
lebih kekar, mirip helikopter,
pangkal sayap belakang lebih besar daripada sayap depan, dan pada saat istirahat sayapnya terentang ke samping. zygoptera

Sementara Zygoptera tubuhnya ramping dengan ekor mirip jarum, ukuran sayap depan dengan belakang sama, dan pada saat istirahat sayapnya mengatup ke atas tubuhnya.

Mengompol disebut juga Inkontinensia Urine. Sementara istilah Noctural Enuresis, ditujukan kepada anak usia lima tahun ke atas yang masih ngompol. Ngompol dapat terjadi pada anak-anak laki-laki (60%) dan anak perempuan 40%.

Penyebab ngompol dapat disebabkan oleh:
1. Gangguan psikologis seperti stres, tertekan, merasa diperlakukan kurang adil, kurang perhatian dll.
2. Gangguan organis seperti infeksi saluran kencing, sumbatan, dll.
3. Terlambatnya kematangan bagian otak yang mengontrol kencing.
4. Gangguan tidur. Biasanya mereka termasuk yang tidurnya sangat nyenyak dan ngompolnya bisa terjadi setiap saat dalam waktu tidurnya.
5. Gangguan kekurangan produksi hormon anti diuretik (= hormon anti kencing) pada malam hari, sehingga pada malam hari produksi air kencing berlebihan.
6. Gangguan genetik pada kromoson 12 dan 13 yang merupakan gen pengatur kencing dan pada kelainan ini ada riwayat keluarga dengan ngompol.
7. Ngorok waktu tidur, akibat adanya pembesaran kelenjar tonsil dan adenoid.

Penanggulangan
Untuk penanggulangan ngompol dapat diambil langkah-langkah sebagai berikut:
1. Pembatasan jumlah minuman pada waktu malam hari.
2. Orang tua jangan menghukum anak yang ngompol karena dapat menimbulkan gangguan psikologis yang justru akan memperberat ngompol.
3. Membangunkan anak setelah beberapa jam tidur dan dibawa ke kamar mandi untuk kencing.
4. Memasang alarm di tempat tidur, sehingga bila anak ngompol, basah, alarm berbunyi, sehingga anak terbangun dan anak merasa terganggu oleh bunyi alarm dan menjadi tidak ngompol lagi. Dengan cara ini orang tua tahu jam berapa anak biasanya ngompol, sehingga dapat membangunkan dan menyuruh anak kencing beberapa saat sebelum alarm berbunyi.
5. Pengobatan psikologis untuk mencari dan mengatasi faktor psikologis yang diduga menjadi penyebab ngompol.
6. Obat-obatan:
a. desmopressium acetate suatu obat sintetik yang analog dengan hormon anti diuretik (hormon anti kencing) yang mengurangi produksi air kencing pada malam hari.
b. imipramine obat penenang.
7. Bila anak tidur ngorok karena ada pembesaran kelenjar tonsil dan adenoid, maka ia perlu diperiksakan ke dokter spesialis THT untuk kemungkinan dilakukan operasi pembuangan tonsil dan adenoid.

Sumber:

1.

2. http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/0705/03/hikmah/kesehatan.htm

13 Tanggapan to “Capung dapat menghentikan kebiasaan ngompol ?”

  1. ade djulardi Says:

    gus, kalau sampai gede alias kakek-kakek masih ngompol, apa obatnya?

  2. Unname Says:

    Judul sama isinya gak ngematch..:((….

  3. agustaman Says:

    kalau sampai kakek-kakek masih ngompol ya pake aja pampers untuk orang dewasa deh…
    untuk yang bilang isinya gak ngematch … terima kasih lho atas masukannya karena memang saya masih mencari ada tidaknya hasil penelitian tentang kaitannya antara capung dengan ngompol.

  4. hobirudin Says:

    gus nihh adik saya masih ngompol terus kalo lagi tidurnya apa obatnya sebab orangnya gembrot dan suka makan buaaaanyak alis gemmmmbullll

  5. Dwi Says:

    Makasih masukannya…. saya juga masih kesulitan untuk menghentikan kebiasaan ngompol anak, terutama di saat dia sakit atau ngambek….

  6. salap Says:

    anak saya umur 3 tahun , gemuk tapi kalau malam sering ngompol sulit untuk diajari, gimana ya ?

  7. riorairero Says:

    saya merasa blog ini membantu sekali buat kita yang berpengetahuan minim tentang anak kecil,dan juga dapat mendapatkan manfa’at nya. trims atas terbitnya berita ini

  8. Nancy Says:

    Capung yang indah ketika terbang, ternyata juga berkhasiat obat.

    • agustaman Says:

      Bagus infonya. Kalau boleh tahu tolong saya diberi link atau referensinya. Terima kasih atas kebaikannya…

  9. heaven_hansen Says:

    emak ku ngompol an setiap hari,engkong ku ngepel setiap hari jadinya,akirnya engkongku juga marah tiap hari,kl engkong marah,emak ku tambah sering ngompolnya,aku capek dech mikrin nya

  10. Muhammad Asy-Syafiq Says:

    ga nyambung isinya ,,, dari pengalaman tiba-tiba ke jenis capung, dari jenis capung tiba2 ke pengertian ngompol . . . heehe lucccuuu

  11. tokafrizaltalauk Says:

    cara mengolah capung anti ngompol apa yaaaa.di bakar atau di goreng atau dimakan hidup 2 jadi karnibal

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: